Pengalaman CPNS – 2017 (LIPI) (PART 3)

Aku menjalani kuliah S2 ku dengan cukup serius sekalipun tidak bisa lulus tepat 2 tahun akibat aku penelitian dengan hal yang baru untukku, yaitu mikrobiologi-bioteknologi. Aku perlu adaptasi yang cukup dan ternyata juga menguras cukup biaya. Menanggapi kebijakan moratorium yang ternyata dilakukan selama 2015-2016, tidak ada rekruitmen CPNS selama itu, sekalipun banyak tersebar berita HOAX… Read More Pengalaman CPNS – 2017 (LIPI) (PART 3)

Pengalaman CPNS – 2014 (LIPI) (PART 2)

Di tengah perjalanan kuliah, ada bukaan CPNS yang notabene jadi incaran seluruh pejuang pekerjaan. Entah, sekalipun CPNS sebenarya gajinya pas-pasan, tetap banyak peminat. Ya, aku bersama beberapa teman memutuskan untuk daftar CPNS ini sebagai peruntungan. Toh kami kuliah tanpa terikat beasiswa. Jika bisa lulus CPNS, bisa nunda kuliah lain waktu. Kalau tidak lulus, ya lanjut… Read More Pengalaman CPNS – 2014 (LIPI) (PART 2)

Pengalaman CPNS – Intro (PART 1)

Alhamdulillah aku lulus kuliah S1 Biologi di bulan Februari 2014 dengan konsentrasi Botani khususnya tentang taksonomi tumbuhan. Namun, tak seperti teman-temanku pada umumnya, yang sehabis lulus bahkan ada yang jauh hari sebelum lulus sudah semangat 45 untuk nyari kerja. Pasca lulus, aku memang beberapa kali mengikuti jobfair, namun tak ada kualifikasi yang cocok. Paling banyak… Read More Pengalaman CPNS – Intro (PART 1)

Lima Hari Pencarian Surat Keterangan Sehat (PART 2)

#HARI KEEMPAT Malam hari sebelumnya aku sudah prepare makanan ringan untuk teman penantian esok. Aku pun berniat untuk tetap menanti di TKP dari subuh. Pagi hari setelah tahajud, aku langsung bergegas mandi dan siap-siap, sehingga sehabis subuh, aku langsung cuzz ke RS. Ghrasia. Sama seperti hari sebelumnya, aku datang ke TKP saat masih gelap. Motorku… Read More Lima Hari Pencarian Surat Keterangan Sehat (PART 2)

Lima Hari Pencarian Surat Keterangan Sehat (PART 1)

#INTRO Oprek CPNS 2018 sudah bergaung sejak September namun belum ada kejelasan pasti di situs resmi SSCN BKN maupun di instansi. Beberapa media mengabarkan sudah banyak orang yang memenuhi Kantor Kepolisian setempat demi mencari SKCK. Aku sih masih santai-santai saja ketika belum ada kejelasan. Ya gimana, jaman sekarang hoax sudah jadi budaya dan mudah banget… Read More Lima Hari Pencarian Surat Keterangan Sehat (PART 1)

Poligami

Suatu waktu, aku dihadapkan pada beberapa hal yang semuanya berkaitan dengan poligami. Saat diajak nonton film (saat itu baru tayang film surga yang tak dirindukan_red), saat baca novel (saat itu baca ayat-ayat cinta 2_red); kemudian saat menghadiri kajian-kajian umum di sekitar kampus; dan bahkan saat menghadiri halaqah. Saat itu aku berpikir,”Apa kiranya yang ingin Allah… Read More Poligami

Tulisan tanganku yang dicap “Jelek”

Sudah sejak lama aku dicap memiliki tulisan tangan yang tidak biasa dengan artian “jelek” Teringat saat itu masih SD, yang masih belajar menulis huruf tegak bersambung, aku sudah dikomentarin “Fit, ini a atau u?” Intinya gak jelas tulisanku. Pernah juga waktu itu ibuku mengeluhkan tulisan tanganku “Tulisan opo kuwi, raiso diwoco.” Hiks. Padahal notabene, ibuku… Read More Tulisan tanganku yang dicap “Jelek”